Apa yang kita alami hari ini adalah efek dari pikiran kita kemarin dan apa yang kita pikirkan hari ini akan menimbulkan efek pada hari esok sedangkan apa yang kita pikirkan saat ini adalah proses untuk mencoba menciptakan kehidupan dimasa yang akan datang

© BY : <-ANCHUZ->

Bagaimana Cara Menjadi Remaja Yang Behagia Dengan Berfikir Positif

> Tiga Peraturan Kebahagiaan
1. Nggak semua kesenangan adalah kebahagiaan maksudnya kesenangan merupakan kenikmatan yang sesaat saja dan untuk kesenangan mereka sendiri, sedangkan kebahagiaan dapat dicapai apabila pekerjaan yang sulit dan melelahkan namun patut kita sebut sebagai kebahagiaan.
-Contoh kesenangan : Orang yang menikmati kebahagiaan mereka sendiri, merasa biasa bila meninggalkan sholat wajib, merasa enteng bila meninggalkan puasa Ramadhan, tidak mau menggembalikan barang pinjaman, bolos, tawuran. Dsb. Pecandu narkoba merasa dirinya benar karena membahagiakan dirinya.
-Contoh Kebahagiaan : Belajar untuk menghadapi ulangan, bangun malam untuk Qiyamul lail, menahan hawa nafsu.
2. Jangan bahagia Diatas Penderitaan Orang lain.
Bukan Kebahagia namanya jika berada diatas kesusahaan orang lain.
Contohnya : acara di TV yang ngerjain orang lain, kita merasa senang melihat orang yang di bikin malu, itu termasuk bukan kebahagiaan.
3. Kebahagiaan Adalah Resultan Usaha Pikiran dan Perbuatan.
Kebahagiaan tidak datang tiba-tiba tetapi itu merupakan hasil usaha kamu. Kita membangun istana kebahagiaan kita sendiri yang harus menanamnya dalam hati kita.
Contohnya : Muhammad Al Fatih yang suskes menaklukan benteng Konstantinopel pada th. 1453 M. Musuh yang dihadapi adalah kerajaan Romawi tetapi dengan keuletan, kesabaran, dan kedekatannya kepada Allah merekan berhasil menang. Lain halnya dengan seorang kakak yang menghayal kepada adiknya, dia menghayal mampu membeli apapun yang dia mau tanpa ada usaha. Dan sampai kapanpun kalau tidak ada usaha pasti tidak ada yang tercapai keinginannya tersebut.
Vehement :Apa yang kamu pikir tentang dirimu, begitulah dirimu. Seandainya kamu berfikir diri kamu adalah anak yang baik, maka perilaku kita juga akan mengikuti jalan pikiranmu. Hal yang sebaliknya juga berlaku.




> Mitos Salah Soal Bahagia
- Menjadi bahagia bukanlah takdir
Kebahagiaan itu harus dicari dengan usaha. Apabila kamu ingin suasana yang nyaman di rumah ciptakanlah dari dalam dirimu sendiri. Kontrol emosimu saat bicara, jadilah pendengar yang baik saat orang tua kamu sedang berbicara, samapaikan keinginan kamu dengan baik.
Vehement : Kebahagiaan datang saat diri kita berfikir dan berbuat sepositif mungkin.
- Bahagia berarti banyak uang
Ini adalah suatu pikiran yang dangkal. Tidak semua hal bisa dibeli dengan uang. Banyak uang juga dapat membuat orang cemas, takut kalau hilang atau berkurang. Masih berani banyak uang adalah kebahagiaan??



- Orang baik susah bahagia
Itu adalah ungkapan yang jelas salah. Mereka yang bilang begitu karena mereka mengartikan kebahagiaan bisa berbuat apa saja, apapun yang kita inginkan. Sedangkan orang baik dan taat beragama menyusahkan diri sendiri. Ingat pepatah berakit-rakit dahulu berenang-renang ketepian. Begitu juga dengan kehidupan kita. Orang yang awalnya Fun tapi endingnya BAD itu malah menjadi beban.
Vehement : Orang yang bisa mempertahankan prinsip kebaikan adalah sebuah kebahagiaan.
- Sekarang Bukan Nanti
Kebahagiaan itu tidak seketika. Mereka mengartikan nikmati saja sekarang urusan nanti pikir belakangan. Banyak orang yang mengorbankan kebahagiaan yang besar demai kebahagiaan yang kecil hanya karena datang lebih dulu.
Contoh : Penyanyi yang mengumbar auratnya, awal-awalnya rame yang menyewa tetapi dengan adanya penyanyi yang lainnya akhirnya merosot.
Vehement : Dunia ini fana, tidak kekal, dan singkat. Sedangkan akherat itu balasannya lebih besar dan abadi.
- Apapun yang penting bahagia
Ini adalah perngkap. Kebahagiaan memang penting tetapi jauh lebih penting untuk memakai cara yang benar untuk mencapai kebahagiaan.
- Bahagia adalah diterima banyak orang
Kenyataannya kamu nggak bakal bisa menyenangkan dan diterima semua orang. Selalu ada orang yang tidak menyukai atau memusuhimu. Ini terjadi karena pandangan dan aturan yang berbeda. Saat kita berbuat baik ada orang yang menyukai kita tetapi ada juga yang tidak suka pada kita. Mungkin dikiranya cari muka. Pada saat itu kita harus bersabar dan melakukan hal menurut kita benar.
Vehement : Kebenaran adalah datang dari Tuhanmu, maka janganlah kamu menjadi orang yang ragu.

> Positif Ala Rasulullah
Rasulullah mengajak para sahabat dan kaum muslimin untuk terus berfikir positf. Tidak banyak berkeluh kesah, banyak bersyukur, bersabar, dsb. Rasulullah pernah mengingatkan kaum Muslimin untuk tidak berandai-andai, menyesali kejadian yang telah lalu. Semestinya kita pasrah dan menerima semua yang terjadi dengan ikhlas. Rasulullah berpesan agar berpandai-pandai bersyukur dan ingat pada mereka yang kekurangan pada diri mereka. Rasulullah mengajarkan pada kita semua agar menjadi orang-orang yang berfikiran positif. Bersabar saat mendapat musibah dan bersyukur saat mendapat kebaikkan. Beliau juga mengajak kepada kita untuk menjadi orang yang selalu berpuas diri dengan apa yang dimiliki. Rasulullah pernah mengingatkan kepada para sahabat untuk tidak memuja dirinya seperti orang Nasrani yang memuja Isa Al-Masih. Kunci kebahagiaan itu adalah berfikir dan berfikir sepositif mungkin. Karena kebahagiaan buakn dari luar tetapi dari dalam diri kita. Banyak hal-hal positif dibalik musibah yang sebenarnya akan meringankan beban kita.
Vehement : Allah memiliki rencana yang kamu tidak kamu ketahui.


1 komentar:

rizki viar Senin, Juni 08, 2009  

be moslem scientist

ayo gabung blog ku,,,,

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

  © vehement VEHEMENT by Aan Choesni Herlingga 2009

Back to TOP