Feed
Apa yang kita alami hari ini adalah efek dari pikiran kita kemarin dan apa yang kita pikirkan hari ini akan menimbulkan efek pada hari esok sedangkan apa yang kita pikirkan saat ini adalah proses untuk mencoba menciptakan kehidupan dimasa yang akan datang

© BY : <-ANCHUZ->

Strategi Membangkitkan Semangat

Setiap orang pernah merasa down dalam keseharian hidupnya. Hal itu bisa diakibatkan oleh kurangnya penghargaan terhadap citra diri yang ditampilkannya. Atau mungkin juga merasa tidak mampu memberikan yang terbaik bagi orang-orang terdekat maupun lingkungannya. Kalau alasannya seputar kedua hal di atas, saya menganggap itu masih positif. Artinya di balik itu ada keinginan yang luhur untuk menjadi manusia yang berprestasi.


Kita sering merasa down bisa diakibatkan karena keterbatasan diri kita sendiri atau kurangnya dukungan dari luar diri kita. Namun perasaan down atau terpuruk harus cepat diatasi, kalau tidak maka akan menurunkan produktivitas kita dan secara langsung membuat kita semakin jauh dari keberhasilan yang akan kita tunjukkan sebagai tanggung jawab kita sebagai manusia yang diberikan kesempatan hidup di dunia ini.


Mengangkat diri sendiri dari keterpurukan menjadi orang yang bersemangat memang sulit jika tidak mengetahui cara atau strateginya. Sulit, karena biasanya perasaan terpuruk itu menggugah perasaan sentimentil kita, bahkan membuat kita mulai menikmati menjadi orang yang layak dikasihani oleh diri kita maupun lingkungan kita.


Cara untuk membangkitkan semangat adalah mengetahui prinsip dasar bahwa satu-satunya orang yang betul-betul memahami kita adalah diri kita sendiri. Dan kita sendiri-lah yang mengetahui pemahaman dan pandangan kita tentang hidup. Kita sendiri yang mampu menjawab apa saja yang membuat diri kita bahagia. Kita sendiri yang mengerti sejauhmana kebahagiaan mempengaruhi perasaan kita dan sebaliknya perasaan kita mempengaruhi kebahagiaan kita. Hati-hati menjadikan orang lain jadi motivator atas hidup Anda sendiri, mereka tidak mempunyai kewajiban untuk itu.


Orang yang bersemangat dan merasa bahagia adalah orang yang terfokus melakukan sesuatu yang membuat mereka semangat dan bahagia. Bukan yang terfokus membuat mereka down atau mengalami keterterpurukan. Beberapa hal yang tanpa kita sadari membuat kita tidak bersemangat adalah banyaknya waktu yang kita pakai untuk memikirkan kata-kata negatif yang ditujukan orang lain kepada kita; Memikirkan celaan dan banyaknya orang yang sering melihat kita dari ketidak berhasilan kita; Banyaknya orang yang tidak melihat potensi serta hanya mampu melihat kelemahan kita saja.


Coba gunakan strategi terbalik. Pikirkan apa saja yang kata-kata yang membuat kita bisa menjadi bintang; siapa saja yang menghargai segala upaya kita; apa saja keberhasilan yang kita raih. Hal itu adalah bertanya terhadap diri sendiri tentang apa saja yang membuat Anda bahagia dan bersemangat. Setiap jawaban tergantung pertanyaan yang Anda buat. Jadi jika Anda ingin semangat dan berbahagia, maka munculkanlah pertanyaan yang membuat Anda semangat dan bahagia, ajukan pertanyaan yang memotivasi Anda sendiri - bukan bertanya apa yang membuat Anda sedih dan terpuruk. Luangkan sedikit waktu untuk memikirkan jawabannya dan rasakan nikmatnya mengetahui alasan merasa puas dan bahagia, dan bayangkan Anda sedang berada di fase itu untuk mulai berkarya.

0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

  © vehement VEHEMENT by Aan Choesni Herlingga 2009

Back to TOP