Apa yang kita alami hari ini adalah efek dari pikiran kita kemarin dan apa yang kita pikirkan hari ini akan menimbulkan efek pada hari esok sedangkan apa yang kita pikirkan saat ini adalah proses untuk mencoba menciptakan kehidupan dimasa yang akan datang

© BY : <-ANCHUZ->

Cara Menarik Untuk Motivasi Belajar

Sebelum kita mulai pembahasannya, kita harus mengert terlebih dahulu bahwa sebuah motivasi itu lahirnya dari diri kita sendiri bukan dari orang lain. Bukan dari orang lain, orang lain hanya bisa memancing motivasi kita agar kita mau mengerjakan yang kita inginkan. Untuk itu kita harus sadar bahwa apa yang kita cita-citakan tidak akan terwujud apabila tidak ada usaha. Dan untuk itu kita harus mempunyai segudang motivasi untuk menumbuhkan motivasi kita.
Sama halnya dengan Motivasi Belajar tidak akan terbentuk apabila kita tidak mempunyai keinginan, cita-cita, atau menyadari manfaat belajar bagi diri kita.

Berikut ini tips-tips untuk meningkatkan Motivasi Belajar kita:

  • Belajarlah dengan senang hati
Apabila kita belajar dengan senang hati kita akan merasakan keringanan belajar sehingga kita mudah untuk memahaminya. Untuk itu setiap orang pasti berbeda-beda. Oleh karena itu kita harus mencari kondisi yang menyenangkan untuk belajar, Dan apabila kita cepat menangkap apa yang kita pelajari kita juga termasuk orang yang menghargai waktu.

  • Bergaullah dengan dengan orang yang senang mengasah otak
Maksudnya adalah bergaul dengan orang yang senang belajar akan membuat kita gemar belajar pula . Selain itu, coba cari orang atau komunitas yang mempunyai kebiasaan baik dalam belajar. Dengan itu kita bisa bertanya-tanya tentang pengalaman di berbagai tempat kepada orang-orang yang pernah atau sedang melanjutkan pendidikannya ke jenjang yang lebih tinggi.




  • Belajar apapun
Belajar tidak hanya terpaku pada satu mata pelajaran. Belajarlah apapun yang baik kita pelajari. Belajar, baik formal maupun nonformal. Kita bisa belajar tentang berbagai keterampilan seperti merakit komputer, belajar menulis, membuat film.


  • Optimis
Di dunia ini, tidak ada yang tidak mungkin, semua mungkin. Apabila kita selalu berpikir optimis kita akan mendapat keoptimisan itu. Berhayallah setinggi-tingginya dengan berbekal kemauan yang kuat dan berusahalah dengan maksimal untuk mencapai dita-cita kita. Allah SWT akan mewujudkan apa yang diangan-angankan hambanya. Maka dari itu apabila kita bergangan-angan yang baik maka kita akan mendapatkan hal yang baik pula dan apabila kita berangan-angan yang buruk maka kita akan mendapatkan hal yang buruk pula. Jangan berangan-angan apabila kita mau usaha.


  • Cari motivator
Kadangkala, seseorang membutuhkan orang lain sebagai pemacu atau mentor dalam menjalani hidup. Anda pun bisa melakukan hal serupa dengan mencari seseorang/komunitas yang dapat membantu mengarahakan atau memotivasi Anda belajar dan meraih prestasi. Biasanya orang akan yakin apabila orang itu mendengarkan orang yang lebih mengerti tentang suatu persolaan.
Mungkin cara diatas bisa membantu anda dalam mencari motivasi dalam hal belajar.

Selamat mencoba…..
Salam Sukses

3 komentar:

narti Senin, Maret 29, 2010  

artikel yang sangat bermanfaat.
makasih sudah berbagi.

sda Senin, Maret 29, 2010  

makasih artikelnya.
tulisan merah malah silau...

Ipin's cool Selasa, Maret 30, 2010  

thanks tips motivasi belajarnya sob sangat di butuhkan sekali nihhh...apalagi buat blogger yg harus dan terus menrus belajar

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

  © vehement VEHEMENT by Aan Choesni Herlingga 2009

Back to TOP