Apa yang kita alami hari ini adalah efek dari pikiran kita kemarin dan apa yang kita pikirkan hari ini akan menimbulkan efek pada hari esok sedangkan apa yang kita pikirkan saat ini adalah proses untuk mencoba menciptakan kehidupan dimasa yang akan datang

© BY : <-ANCHUZ->

LOYO???GAK PERLU???


Ada tanda-tanda kapan aja harus”mendengarkan”teriakan tubuh kita untuk istirahat dan lampu kuning itu bernama”LOYO”...


1. Loyo
Kelelahan merupakan bukti kegagalan tubuh mempertahankan kekuatan fisik kita. Tapi loyo ini bermanfaatb untuk alat pengaman tubuhkarena loyo mengingatkan kita bahwa tubuh sudah menanggung beban yang hamper melamapaui batas kemampuan tubuh. Kalau saja peringatan ini kita abaikan dan kita tetap saja terus dengan dengan sejuta aktifitas. Kita akan sakit. Jadi, sebaiknya rem sedikit untuk beristirahat dengan cara cukup tidur-tiduran dan bersantai.

2. Kehabisan Energi
Hal ini juga merupakkan tanda bahwa kita tidak boleh “ngoyo”. Kelesuan bisa terjadi jika tubuh kekurangan energy. Zat-zat yang habis merupakan sumber energy seperti senyawa fosfat, glikogen, mineral atau zat-zat lainnya yang merupakan penghubung antara sel-sel saraf dalam otak. Kalau zat-zat tersebut berkurang. Wah... ini bisa malas melakukan apa saja.

3. Akibatnya
Rasa lelah kadang tidak kita sadari padahal badan kita sebetulnya sudah berteriak-teriak minta istirahat. Cara untuk menyadarinya kita dapat mengenalinya dari perubahan perut yang terjadi seperti :

a. Otot-otot dan tulang terasa sakit. Kalau sudah merasa sakit itu adalah salah satu tanda bahwa tubuh kita sudah berkurang kekuatannya sehingga gampang capek.

b. Tubuh agak demam. Jika kita capek dan apabila terus dipaksa, suhu tubuh akan naik dari biasanya jadi tubuh terasa seperti demam. Dalam keadaan seperti ini. Keinginan kita untuk tidur akan datang dan ingin tidur terus.

c. Selera makan turun. Ini merupakan pertanda ada apa-apa dalam tubuh kita. Metabolisme tubuh kita sedang tidak beres. Kalau keterusan bisa-bisa berat badan kita akan turun dari biasanya.

d. Tidak mampu bergerak. Kalau keadaan sedang capek dan kita terus saja beraktifitas, kita akan merasakan berkurangnya kemampuan anggota badan untuk melakukan suatu gerakan tertentu.

4. Mengatasinya
Ada diantara kita yang mengatasi kelelahan dengan minum obat atau suplemen atau juga vitamin. Hal itu sebenarnya tidak ada fungsinya karena itu sama saja dengan memaksakan badan untuk bergerak terus dengan didongkrak oleh obat-obatan. Jalan terbaiknya adalah, “ISTIRAHAT”. Caranya :

a. Tidur yang cukup

b. Minum susu. Kalau bisa sekitar satu atau setengah jam sebelum tidur. Kita minum susu yang hangat untuk menegangkan system syaraf kita . Mandi air hangat juga baik untuk melenturkan otot-otot tubuh. Sehingga terasa nyaman.

c. Hindari minum kopi atau soft drink yang mengandung kafein. Kalau bisa hindari juga makanan coklat. Paling tidak 3 jam sebelum tidur kafein membuat kita terjaga dan susah tidur.

d. Jangan sesekali minum obat tidur kalau memang susah tidur, kecuali dengan resep dokter. Di usia remaja seperti kita sekarang ini masalah tidur adalah hal yang tidak terlalu bermasalah. Paling hanya pengaturan waktunya saja yang susah. Iya khan???!!!


4 komentar:

Rizky2009 Minggu, September 27, 2009  

iya sob bener itu badan juga butuh istirahat, jangan terlalu d forsir dengan banyaknya aktivitas, thxs infonya sob

SehatzBlog Minggu, September 27, 2009  

pertamax...

ehh..kok loyo..??

Lora Amir Husin Senin, September 28, 2009  

Thanks atas artikelnya, ingin sehat perhatikan jam piket organ tubuh. http://kiyaiceret.blogspot.com/2009/09/perhatikan-jam-piket-organ-tubuh.html

sewa komputer Kamis, Oktober 01, 2009  

visit to website, i want to know about bisnis...thanx

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

  © vehement VEHEMENT by Aan Choesni Herlingga 2009

Back to TOP