Apa yang kita alami hari ini adalah efek dari pikiran kita kemarin dan apa yang kita pikirkan hari ini akan menimbulkan efek pada hari esok sedangkan apa yang kita pikirkan saat ini adalah proses untuk mencoba menciptakan kehidupan dimasa yang akan datang

© BY : <-ANCHUZ->

Cantik, ga harus putih

Assalamu’alaikum Wr.wb
Cantik adalah satu kata yang identik dengan cewek. Bisa dibilang gak ada seorang makhluk bernama cewe’ bakalan nolak dibilang cantik, terlihat cantik, dan menjadi cantik. Untuk kata itu juga, sebagian kaum hawa tuh rela ngelakuin apa aja. Mulai dari aktivitas standar semacam bersolek alias dandan, sampe pada aktivitas yang melibatkan pisau dan gunting (eit…bukan lagi bikin ketrampilan lho). Kita sering menyebutnya operasi plastik atau bisa juga face off yang sekarang lagi heboh diberitakan media. Percaya ga sih, kalo media ternyata punya andil membuat definisi cantik. Coba deh tanya diri kamu sendiri ato temen-temen kamu, cantik tuh kayak apa? Hampir bisa dipastikan jawaban cantik akan tertuju pada cewek-cewek dengan kulit putih, tinggi 170 cm, berat badan ideal, rambut hitam puanjang dan lurus n definisi-definisi lain yang fisik banget.

Yup, media pula yang ikut menggembar-gemborkan kalo seorang perempuan itu harus, kudu bin wajib cantik. Mau bukti? Liat aja kontes-kontes macam cantik Indonesia, gadis sampul, putri Indonesia, dkk, yang gak mungkin diikutin sama cewek dengan modal fisik “pas-pasan”. Sekalipun yang punya gawe berdalih kalo “beauty” hanya satu diantara kriteria yang dinilai selain brain dan behaviour. Tapi, kalo bener begitu, kenapa Pok Nori gak bisa ikut yach??. Bahkan di negeri Barat sono, ada kontes bernama Swan yang khusus diadain buat patnernya kaum adam yaitu kaum hawa yang ngerasa dirinya “jelek” dan dengan senang hati mau dipermak abieez.. menjadi cantik laksana angsa (baca: swan). Dan gak tanggung-tanggung dech mulai dari ahli bedah plastik, pelatih kebugaran ampe psikolog terlibat langsung dalam acara yang bakalan mengubah hidup pada pesertanya (weleh…weleh… busyeeeet..)

Buat generasi kartini yang ngerasa “biasa” dan bermodal cekak tapi punya khayalan tingkat tinggi (Peter pan kalee!), bisa jadi pengen tongkat ajaib yang dengan sekali simsalabim bisa mengubahnya secantik Dian Sastro, seputih Tamara Bletzinsky dan sejauh mata memandang, gak mungkiii….n banget. Jangankan buwat operasi plastik, ke salon untuk facial aja bisa gak jajan sebulan, palagi pake mandi susu, creambath, meni-pedi, spa, wah bisa puasa setahun tuh (he…he…). Walhasil, dipilihlah rangkaian produk kosmetik, dalam hal ini pemutih yang relatif lebih murah dengan iming-iming bakalan putih (cantik) dalam 4 minggu. Bahkan saking pengennya putih, temen-temen kita yang dari lahir udah punya kulit kayak Whoopy Goldberg, Naomi Campbell ato Whitney Houston juga maksa ga mo ketinggalan. Emang cantik harus putih? Apa juga mesti ribet begitu?? (ee… tanya kenapa???)

Gals, kalo ngebahas kata yang satu itu, kayaknya jatah kolom cewek banget yang cuman satu halaman ato Imut satu edisi juga ga bakalan cukup, tapi dibikin simpel juga bisa. Sebenernya kita gak perlu dech bingung kemana harus bertanya tentang masalah ini. Ga perlu ke dokter ahli or berduyun-duyun ke salon kecantikan. Coz “pakarnya” udah hadir dan siap menjawab semua tanda tanya. Termasuk problem “kecil” yang satu ini (back sound: please welcome…), apalagi kalo bukan Islam. Dien yang datang dari Dzat yang Maha Tahu dan Maha Indah. Islam gak pernah melarang kita jadi cantik. Bahkan kita disunnahkan senantiasa menjaga dan merawat diri kita. Sebagaimana sabda Rasulullah “Sesungguhnya Allah itu indah dan mencintai keindahan.” (HR. Imam Qurthuby dari Imam Makhul dari Aisyah ra.).
Jangan sampe deh, kita tampil kumal, kusut, kumuh, kucel dan kutuan (idiiih… gak bangeeeet dech..). Kita kudu memelihara kerapian dan kebersihan diri sebagai wujud rasa syukur atas apa yang udah diberikan Allah Sang Maha Rahman. Malah dalam QS. Al-A’raf 31, Allah berfirman, “Hai Anak Adam, pakailah pakaianmu yang indah di setiap (memasuki) masjid, makan dan minumlah dan jangan berlebih-lebihan. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang yang berlebih-lebihan”. So, kemanapun kamu pergi, terlebih ke masjid, mesti rapi n bersih. Jangan kebalik, kalo kondangan aja dandan abis-abisan, giliran ke masjid asal-asalan.

(Kalo gitu boleh dong kita ngapain aja biar cantik?) Jangan salah, sekalipun ga ada larangan untuk cantik dalam Islam, bukan berarti kita bebas semau gue menghalalkan segala cara biar stempel cantik itu diketok ke muka kita (wadou…!). Boleh cantik asal syar’i. Gimana tuh?. Pastinya kita tidak diperbolehkan bertabaruj alias menampakkan kecantikan sampai memalingkan pandangan cowok karena saking terseponanya (QS. Al Ahzab: 33). Cewek dikatakan tabaruj kalo suka pake parfum yang wanginya menyengat hidung, memoles bibirnya sama lipstik, mengenakan pakaian ketat plus pendek n kalo ngomong suaranya dibuat mendayu-dayu. Lagian gals, kecantikan sejati adalah kecantikan alami yang muncul dari dalam, kita mengenalnya dengan ‘inner beauty’. Kecantikan kayak gini yang tahan lama dan gak dijual di salon manapun. Nah, biar kamu cantik luar dalem, ikutin deh tips-tips berikut, pertama, jadikan kebersihan dan kerapian diri sebagai ritual wajib tiap hari, boleh pake bedak, sekedar biar kamu keliatan fresh. Kedua jadikanlah menundukkan pandangan (ghadul bashor) sebagai hiasan kedua matamu. Oleskan “lipstik” kejujuran pada bibirmu. Pakailah sabun istighfar untuk menghindarkan kulitmu dari api neraka. Rawatlah rambutmu dengan shampo kerudung Islami, dan pakailah jilbab sebagai pakaian taqwa. Terakhir, poles kecantikanmu dengan terus membekali diri dengan tsaqofah-tsaqofah Islam. Dijamin, tanpa pemutih pun kamu bakalan cuantik abieeees!!! TOEPE BEGETE… kayak puisi di bawah ini neeh… kita jangan memandang dari fisik sebab cantik fisik bukan jaminan akan cantiknya hati.

Sebuah puisi teruntuk ukhti..

Ada wajah
Dengan seulas senyum menghias
Terpancar kecantikan dari dirimu
Yang kulihat bukan dari wajahmu
Sebab hatimu memancarkan kecantikanmu
By: Anonimous

Kecantikan wanita tidak bisa diukur dengan wajah.tapi melalui keshalihannya,lewat kepintarannya ( maaf nih ya gak mau kan kalo ada yang bilang cantik-cantik kok enggak pinter) jadi ya harus seimbang donk!! Ya luar – ya dalem so Cantieeek luar daleem gitu loooh… lagian nih ya sekarang modal cantik doang gak bakal membuat kita sukses di kehidupan dunia maupun akhirat. Example-nya ya Umpama kita pengen jadi presenter di televisi ato apa aja deh ,, kalo cuman cantik apa iya kita bakal berhasil jadi presenter kalo gak punya keahlian ngomong di depan publik.Be-coz that kita harus patri kuat-kuat dalam otak kita bahwa sebagai cewek selain harus cantik kita kudu pinter en yang paling pueenting lagi alias the most important yaiku kudu shalihah. Percuma aja duoonk kalo kita cantik di mata para manusia tapi kita itu jelek di mata Allah.Naah lo rugi bangeet tuh.. karna Allah pernah berfirman kalo Allah gak melihat dari fisik kita walaupun kita gak secantik Dian Sastro ato secakep chae kyoung di Princess Hours (ya.. ga’ masalah geto) yang penting hati kita dan ketakwaan kita tull gak setuju gak

Tapi gak muna’ ya kalo para kaum hawa tuh berdandan gara-gara syapa coba’?? ya gara-gara kaum adam.Lha wong yang mau kita bikin tertarik pada kita tuh kaum adam ,,ya khan..ya khan??? Ya jelaz donk kaum adam, kalo kita mau bikin tertarik sesama kaum hawa itu mah mengerikaaaaan bin syeeeeereeeeem banget plus gak normal (hehehe.. ) So gimana donk sikap kita sebagai cewek agar punya kecantikan luar dan dalam???

First step:
Rawat dirimu,ya cukuplah mandi yang bersih dan selalu menjaga kebersihan o iya tau ndak kalo wudhu itu bisa buwat seger wajah. Karena itu banyakin sholat sehingga waktu wudhu kita juga banyak so wajah kita akan terlihat fresh.
Second step:
Peka terhadap lingkungan,banyak senyum,slalu ramah ama syapa aja,enggak sombong,mau membantu temen yang kesusahan.Itu semua bakal mendatangkan energi positif bagi kamu dan membuwat kecantikan hatimu terpancar.Selain itu makin banyak temen deh!!( asyiik gak tuh ).
Three step:
Stay cool artinya ya kita harus jaga sikap kita.sebagai cewek ya jangan deh berdandan terlalu over dan jangan ampe’ kita melakukan sesuatu yang membuwat image kita buruk.Gak mau kan di-cap atao di-judge sebagai cewek yang don’t Have rule atao gak punya aturan(gak mau..gak mau..).maaf nieeeh okelah kalo kamu-kamu ada yang punya sifat tomboi tapi jangan ampe terlalu cowok seperti kan u are girl.khan Allah pernah berfirman kalo Allah gak suka cewek yang kayak cowok dan cowok yang kaya’ cewek.So gak mau khan kalo kita sampe tidak disukai Allah.
Four step:
Keep ur self and to be strong girl artinya jaga dirimu jangan sampe’ kaum adam melecehkan.contoh berpakaianlah yang sopan dan rapi dan jangan mengumbar aurat.Ya kalo paling baguznya sih ya berjilbab.Selain melindungi kita dari aksi pelecehan,jilbab juga bisa menjadi pengenal.
Five step:
Intelek donk! Artinya tuh kita harus pinter,, sebab yang namanya cewek kalo pinter,cerdas,apalagi cantik wah-wah kaum adam banyak yang pada ngantri tuh.. hehehe
Last step:
Sesudah melakukan berbagai step dari 1 sampai lima jangan lupa diiringi dengan perbanyak ibadah dan doa insyaAllah kecantikan luar dalam pasti bisa kamu miliki..en bisa-bisa bidadari-bidadari di surga pada cemburu karena disaingi kecantikannya..

Kalo gitu ayo donk temen-temen semua percantik diri dan hati untuk menjadi muslimah sejati yang unya inner beauty dan baik hati( kok serba iiiiii semua ya belakangnya.. hehehe…) yup siap untuk jadi cantik… LET’S GO GIRL!!!!!
Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

Kecantikan luar bisa pudar karena usia,kecantikan hati tak kan hilang selamanya

Sabda Rasulullah, 'Allah melaknat laki-laki yang menyerupai wanita dan wanita yang menyerupai laki-laki.' (Hadits Shahih).



0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

  © vehement VEHEMENT by Aan Choesni Herlingga 2009

Back to TOP