Apa yang kita alami hari ini adalah efek dari pikiran kita kemarin dan apa yang kita pikirkan hari ini akan menimbulkan efek pada hari esok sedangkan apa yang kita pikirkan saat ini adalah proses untuk mencoba menciptakan kehidupan dimasa yang akan datang

© BY : <-ANCHUZ->

Sudahkah Antum Tidur dengan Benar?

Tidur adalah salah satu kebutuhan manusia yang harus terpenuhi karena dengan tidur tubuh kita akan menjadi lebih fresh dan semua kelelahan akan hilang bila kita tidur. Tetapi apakah tidur kita menjadi tidur yang benar? Sudahkah kita tidur dengan nyaman?

Dalam tata cara tidur menurut Islam tidak hanya menutup mata tetapi menutup mata dan membuka hati. Pada saat tidur kita menyerahkan semua hidup dan mati kita kepada Allah SWT karena pada saat tidur kita tadak merasakan apa-apa yang hanya kita rasakan hanyalah kegelapan yang tiada batasnya. Untuk itu kita membutuhkan penjagaan agar kita tidak diganggu oleh setan. Panjagaan pada saat kita tidur dengan dapat dilakukan dengan cara berdoa pada saat tidur. Tidak hanya itu saja tetapi kita harus melaksanakan sunnah Rasul. Sunnah Rasul insya’allah dapat menjaga kita dari godaan setan.
Ada beberapa tata cara yang harus dilakuakan sebelum kita tidur
1. Berwudhu sebelum tidur.
2. Membaca Al Muawidad yaitu 7 surat penjagaan, yaitu :

  1. Surat Yassin (36)
  2. Surat Ad Dhukan (44)
  3. Surat Al Waqi’ah (56)
  4. Surat Al Mulk (67)
  5. Surat Al Ikhlas (112)
  6. Surat Al Falaq (113)
  7. Surat An Nas (114)
3. Doa sebelum tidur
Diatas adalah tata cara yang bisa menjaga pada saat kita tidur. Selelah apapun sengantuk apapun kita diharapkan bisa melakukan sunnah diatas. Mungkin surat-surat diatas terlalu panjang sehingga kita tidak sempat untuk membacanya. Ada alternative lain yang lebih singkat untuk menjaga kita saat kita tidur. Ini adalah doa minimal.
1. Berwudhu sebelum tidur
2. Membaca ayat kursi
3. Membaca 2 ayat terakhir surat Al Baqarah
4. Membaca surat Al Ikhlas (112)
5. Membaca Surat Al Falaq (113)
6. Membaca Surat An Nas (114)
7. Membaca doa sebelum tidur
Diatas adalah penjagaan yang minimal. Itu bisa dilakukan apabila kita terasa ngantuk dan sangat capek. Dan apabila kita tidak bisa tidur dan kita ingin tidur diharapkan membaca sunnah yang ada diatas yaitu membaca Al Muawidad.
Mungkin bacaan diatas dapat menambah wawasan kita dan kita dapat melaksanakannya dalam kehidupan sehari-hari.

Semoga bermanfaat bagi anda yang membaca

0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

  © vehement VEHEMENT by Aan Choesni Herlingga 2009

Back to TOP