Apa yang kita alami hari ini adalah efek dari pikiran kita kemarin dan apa yang kita pikirkan hari ini akan menimbulkan efek pada hari esok sedangkan apa yang kita pikirkan saat ini adalah proses untuk mencoba menciptakan kehidupan dimasa yang akan datang

© BY : <-ANCHUZ->

Sombong


Sombong merupakan arti dari takabur, dan dapat pula disebut congkak, angkuh, ujub, dan sebagainya yang mempunyai makna menolak apa-apa yang benar (haq) dan merendahkan orang banyak.
Penyebab orang berbuat sombong bisa bermacam-macam, contohnya karena:
1. Keturunan orang yang berderajat tinggi (anak raja, bangsawan, anak presiden, dan lain-lain)
2. Kelebihan fisik, kecantikan, ketampanan, kekuatan, dan sebagainya
3. Harta yang berlimpah (contohnya Qarun)
4. Kekuasaan
5. Merasa dirinya sorang yang alim atau berilmu
6. Merasa dirinya banyak melakukan kebajikan

Dari semua hal di atas jika tidak diiringi dengan rasa syukur kepada Allah, akan menjadikan pelakunya menjadi sombong karena penyakit di dalam hatinya dan keimanannya yang tidak sempurna. Sifat orang takabur adalah tidak mau menerima nasihat, menganggap perkataannya paling benar, tersesat jalannya, karena meniru kelakuan syaithan (QS. 2:34)
Dari cerita tadi dah jelas yah, kenapa kita tidak boleh sombong. Tahu nggak, kalau orang yang sombong/takabur itu berbahaya, gini nih bahayanya:
1. Akan dijauhi dan tidak disenangi oleh orang lain.
2. Mendapat murka dari Allah karena hanya Allah-lah yang berhak untuk itu.
3. Seperti keadaan orang kafir dan munafik yang tidak mau beriman kepada Allah


Hadist tentang takabur:
Dari Ibnu Ma`ud, Nabi saw bersabda, "Tidak dapat naik surga, orang yang isi hatinya ada seberat zarrah dari sombong". (HR Muslim)
Dari Abu hurairah, Rasulullah saw bersabda, "Ada tiga macam manusia kelak di hari kiamat, Allah tidak akan mengampuni dosanya, tidak akan merahmatinya, bagi mereka disediakan siksa yang amat pedih, yaitu (1) tua bangka yang berbuat zina, (2) penguasa yang mendustakan rakyatnya, dan (3) orang miskin yang sombong". (HR Muslim)


0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

  © vehement VEHEMENT by Aan Choesni Herlingga 2009

Back to TOP