Apa yang kita alami hari ini adalah efek dari pikiran kita kemarin dan apa yang kita pikirkan hari ini akan menimbulkan efek pada hari esok sedangkan apa yang kita pikirkan saat ini adalah proses untuk mencoba menciptakan kehidupan dimasa yang akan datang

© BY : <-ANCHUZ->

Tujuan Hidup Kita (Bagian 5)

Saudara-saudariku se-iman dan se-Islam, Sebagai lanjutan dari tayangan tentang

Allah Tujuan kita >

Berikut ini saya akan tayangkan ringkasan tentang ikhlas. Sebagaimana telah diuraikan pada artikel sebelumnya, kunci utama adalah Allah tujuan hidup Oleh karena itu kita harus sadar bahwa semua tingkah laku dan perbuatan kita hanyalah untuk mencari keridhoan Allah semata.

Ketika Rasulullah SAW mengutus Mu'adz bin Jabal ra. ke Yaman untuk berda'wah, Mu'adz berkata kepada beliau: "Ya Rasulullah, berilah saya nasehat".

Kemudian Rasulullah SAW bersabda:

"Ikhlaskan agamamu, niscaya cukup bagimu amal yang sedikit."

Nasihat Rasulullah SAW di atas sungguh tepat, karena prinsip dasar dalam setiap ibadah adalah ikhlas karena Allah semata. Ikhlas merupakan landasan amal Islami yang benar. Karenanya, ia tidak dapat dilepaskan dari da'wah sedikitpun.

Tanpa keikhlasan, amal sebagus apapun tak akan ada artinya. Ikhlas dalam da'wah maksudnya: hendaknya seorang da'i mengikhlaskan semua aktifitasnya untuk membina umat semata-mata Lillahi Ta'ala, bukan untuk yang lain. Jangan sampai ia mengharapkan balasan duniawi seperti kemasyhuran, balasan harta, memiliki pengaruh ataupun banyaknya pengikut. Allah Ta'ala berfirman:

"Maka barang siapa mengharap perjumpaan dengan Rabbnya maka hendaknya ia mengerjakan amal yang sholeh dan janganlah ia mempersekutukan seorangpun dalam beribadat kepada Tuhannya."
(Al-Kahfi 110)

Al-Qur'an dan Sunnah berulangkali menjelaskan pentingnya ikhlas dan pengaruhnya terhadap diterima dan ditolaknya amal. Di antaranya, Allah Ta'ala berfirman:

"Padahal mereka tidak disuruh kecuali supaya menyembah Allah dengan memurnikan keta'atan kepada-Nya dalam menjalankan agama dengan lurus, dan supaya mereka mendirikan sholat dan menunaikan zakat." (Al-Bayyinah 5)

7 komentar:

daradotcom Selasa, November 02, 2010  

Assalamualaikum wahai saudara, saudariku.. terima kasih berkongsi ilmu yg penting buat semua umat islam... supaya mereka@saya lebih peka, celek mata!

VEHEMENT Selasa, November 02, 2010  

Wa'alaikumussalam Wr.Wb...
Kita sabagai muslim wajib mengingatkan kepada muslim lain yang belum mengerti...
Semoga bermanfaat...
Keep Spirit...

dhea Selasa, November 02, 2010  

Assalamualaikum bang,, artikelnya bermanfaat.. jaya Islam selalu

VEHEMENT Rabu, November 03, 2010  

Wa'alaikumsalam...
semoga artikel ini bermanfaat bagi semua yang membaca... thanks...

muslimah soleha Rabu, November 03, 2010  

Assalamu'alaikum...

Alhamdulillah, dpt mutiara ilmu disini.. Keikhlasan itu sgt penting kan? ALLAh tidak memandang rupa dan harta kita tetapi ALLah memandang hati dan amal perbuatan kita..Allahu Akbar! Nabi S.A.W bersabda : " Berikhlas dalam setiap amalan agama kamu. Amalan yang sedikit pun sudah memadai, sekiranya disertai dengan ikhlas." (HR Al-Hakim)..mudah-mudahan keikhlasan sentiasa mengiringi bersama..Ameen..ameen
syukran ya sahabat, atas perkongsian ilmu disini..Moga ALLAh kasih

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

  © vehement VEHEMENT by Aan Choesni Herlingga 2009

Back to TOP